Tatkala industri sepeda motor nasional diprediksi kurang bergairah dengan kisaran penjualan 6,8 jutaan unit tahun ini, PT Kawasaki Motor
Indonesia tetap memandang optimis. Untuk itu, selama tahun berjalan
2013 KMI telah menyiapkan sederet varian baru. Khususnya motor premium
di atas kelas 250 cc.
Dalam kunjungan KMI ke acara HUT ke-14 Redaksi Motor Plus, Yusuke Shimada, General Manager Marketing
PT Kawasaki Motor Indonesia, memastikan akan ada lagi 8 varian baru
segera dipasarkan. “Semuanya jenis motor sport kelas premium kapasitas
mesin di atas 250 cc,” ungkapnya.
Lebih lanjut Shimada menjelaskan, berkaitan dengan peluncuran varian baru itu, prinsipal Kawasaki Heavy Industry
menilai pasar nasional Indonesia masih berkembang. Dari berbagai survey
yang telah dilakukan oleh Kawasaki Motor Indonesia selama ini,
kecenderungan masyarakat kelas menengah yang menginginkan produk
berkelas peluangnya masih terbuka lebar.
Motor idaman di mata konsumen Kawasaki,
lanjutnya Shimada, bukan hanya memiliki tampilan yang keren saja. Tapi
juga memiliki power mesin yang besar. Untuk hal tersebut, Kawasaki telah
menyiapkan beberpa varian barunya yang bakal dipasarkan sepanjang tahun
ini.
“Delapan varian baru jenis motor sport
tahun ini akan disusul tahun depan 2014, Kawasaki telah menyiapkan lagi
13 produk terbaru yang akan bermain di kelas motor besar dan sport
menengah,” sebut Shimada.
Memang sejak awal tahun ini KMI gencar meluncurkan varia baru seperti naked bike
Z250. Varian ini salah satu alasannya untuk memperbesar pasar sekaligus
memastikan dominasi Kawasaki di kelas Sport Premium. “Sejak
peluncurannya, Ninja 250 per bulan penjualannya sudah tembus 3.000 unit.
Dan kami optimis akan diikuti Z250,” ungkap Shimada-San.
Selain akan meluncurkan produk terbarunya, KMI atas keputusan prinsipalnya juga telah sepakat melakukan kerjasama Bajaj India
dalam memasarkan produknya di Tanah Air. “Dalam hal ini Kawasaki akan
membantu pemasaran produk Bajaj saja. Dan itu telah dilakukan di
beberapa Negara di Asia Tenggara seperti Filipina,” bilang Shimada.
Di tengah persaingan yang ketat,
kerjasama antara dua principal adalah sebuah keniscayaan. “Jauh
sebelumnya, Kawasaki dan Bajaj sudah lama kolaborasi di India. Sebagian
dari mesin Bajaj di sana di support oleh Kawasaki,” kata Shimada.
Untuk tahapan awal, pada pertengahan
2013 ini, PT KMI akan memasarkan produk motor sport bertitel 200 NS.
Shimada juga menambahkan varian Bajaj yang terdahulu seperti Pulsar 135,
180DTSi dan 220 DTSi masih tetap dijual dan tetap mengusung nama Bajaj.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar